ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
MANAJEMEN PT. BLACK STONE
Kelompok
5
(4KA15)
1. Ajeng
Mardhiyanti S. (10116440)
2. Brilliant Akbar N. (11116483)
3. Dhio Reza Prasetyo (11116942)
4. Fauzan Azhary R. (12116714)
5. Nabila Wafiqlia (15116222)
6. Verdian Asi Marco (17116515)
Mata
Kuliah : Pengantar Bisnis Teknologi Informasi
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Dosen
: Dewi Anggraini Puspa Hapsari
Depok
1. MANAJEMEN
QUALITY CONTROL / QUALITY ASSURANCE DAN MANAJEMEN WAREHOUSE
A. Quality Control
Suatu perusahaan dapat
menentukan standar kualitas, proses dan prosedur internal masing-masing
dan mengembangkannya dari waktu ke waktu, kemudian pihak-pihak yang berkepentingan
(stakeholder) tersebut diminta untuk mengikutinya. Proses untuk memastikan semua pihak yang berkepentingan
tersebut mengikuti dan mematuhi standar dan prosedur yang ditentukan inilah
disebut dengan proses pengendalian kualitas atau Quality Control. Pada
dasarnya, Quality Control ini berkaitan dengan kegiatan operasional dan teknik
yang digunakan untuk memenuhi persyaratan kualitas. Tujuan utama Pengendalian
Kualitas atau Quality Control adalah memastikan bahwa produk yang akan
dikirimkan ke pelanggan adalah bebas dari cacat dan dapat diterima sesuai
dengan persyaratan kualitas yang ditentukan. Jika ditemukan produk yang cacat
maka diperlukan tindakan perbaikan yang sesuai.
Quality Assurance
Quality Assurance (QA) atau jika diterjemahkan langsung ke
dalam bahasa Indonesia adalah “Penjaminan Kualitas”. Istilah “Assurance” atau
“Jaminan” menyatakan suatu kepastian ataupun kepercayaan terhadap produk yang
dihasilkan oleh suatu perusahaan. Quality Assurance (QA) menjamin kualitas
produk yang dihasilkan dan memastikan proses pembuatan produk tersebut sesuai
dengan standar dan persyaratan yang telah ditentukan. Quality Assurance adalah
proses yang pro-aktif yaitu melakukan penekanan terhadap perencanaan,
dokumentasi dan penentuan panduan
kualitas pada awal proyek dimulai untuk memahami persyaratan dan standar
kualitas yang diharapkan. Setelah semua persyaratan dan standar kualitas yang
diinginkan tersebut di-identifikasikan, maka diperlukan pengembangan
perencanaan untuk memenuhi persyaratan dan standar kualitas yang diinginkan.
Nama : Fauzan
Azhary
Posisi :
Manajer QA/QC
Latar Belakang Pendidikan
: S1 Sistem Informasi, S2 Teknik Industri
Tugas :
- Pengendalian kualitas produk.
- Menguji produk sesuai standar spesifikasi pabrik atau
perusahaan.
- Memeriksa, meneliti, menganalisi kualitas produk sehingga
produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan dan layak diedarkan di
pasaran.
- Memastikan produk atau jasa memenuhi standar yang
ditetapkan termasuk keandalan, kegunaan, kinerja dan standar kualitas umum yang
ditetapkan oleh perusahaan.
Tanggung jawab :
- Memantau
perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
- Bertanggung jawab
untuk memantau, menganalisis, meneliti, menguji suatu produk.
- Memverifikasi
kualitas produk.
- Quality Control
bertanggung jawab memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi produk.
- Memastikan kualitas
barang produksi sesuai standar.
- Memiliki tugas
pokok dalam perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa.
- Menafsirkan dan
menerapkan standar jaminan kualitas.
- Mengevaluasi
kecukupan standar jaminan kualitas.
- Merancang sampel
prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas.
Lerby Nendra menjabat sebagai Staff Manajemen QA/QC tetapi
keahlian Lerby kurang dalam menganalisis suatu produk maka perusahaan melakukan
pelatihan pada Lerby.
B. Management
Warehouse
Warehouse Management System atau sistem manajemen
pergudangan didukung teknologi informasi untuk membantu pengawasan pergerakan
barang masuk pergerakan dalam warehouse dan barang keluar.
Nama : Ardan Haryana
Posisi :
Manajer Warehouse
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Manajemen Akuntansi
Tugas :
- Melengkapi pengiriman dan penyimpanan barang melalui
pengolahan dan perintah pemuatan.
- Mengontrol dan bertanggung jawab atas penyimpanan barang
dari kehilangan, pencurian, kebakaran dan keusangan.
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan bongkar muat barang di
gudang dan ikut menandatangani surat penerimaan barang dan surat jalan.
- Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian di dalam
area gudang barang.
- Bertanggung jawab atas ketepatan laporan gudang.
Tanggung Jawab :
- Mempersiapkan pesanan dan memproses permintaan dan pesanan
pasokan.
- Melengkapi data yang dibutuhkan pengiriman.
- Melengkapi persyaratan pemeliharaan preventif seperti
mengatur untuk perbaikan sarana pengangkatan dari dan ke gudang.
- Mempertahankan kualitas layanan dengan mengikuti standar
organisasi.
Weldi Surahman menjabat sebagai Staff Manajemen Warehouse
tetapi keahlian Weldi kurang dalam melakukan pemrosesan produk maka perusahaan
melakukan pelatihan pada Weldi.
2. MANAJEMEN LAB
DAN PRODUKSI
A. Management
Laboratorium
Usaha untuk mengelola laboratorium. Suatu laboratorium dapat
dikelola dengan baik sangat ditentukan oleh beberapa faktor yang saling
berkaitan satu dengan yang lainnya. Beberapa alat-alat laboratorium yang
canggih, dengan staf profesional yang terampil belum tentu dapat berfungsi
dengan baik, jika tidak didukung oleh adanya manajemen laboratorium yang baik.
Oleh karena itu manajemen laboratorium adalah suatu bagian yang tidak dapat
dipisahkan dari kegiatan laboratorium sehari-hari.
Nama : Ghozi Izzaturrahman
Posisi :
Manajer Laboratorium
Latar Belakang Pendidikan
: S2 FMIPA UI
Tugas dan Tanggung Jawab :
- Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium.
- Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium.
- Menyusun program tugas-tugas laboratorium.
- Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium.
- Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium.
- Menginventariskan dan mengadministrasikan alat-alat
laboratorium.
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium.
Efdri Suhendra menjabat sebagai Staff Manajemen Laboratorium
tetapi keahlian Efdri kurang dalam membuat perencanaan dan evaluasi maka
perusahaan melakukan pelatihan pada Efdri.
B. Management
Production
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian di bidang
manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai
tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu di buat keputusan-keputusan yang berhubungan
dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan
sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi
menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk
mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Nama : Abdul
Hafizh
Posisi :
Manajer Produksi
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Management Produksi Media
Tugas :
- Melakukan perencanaan dan pengorganisasian jadwal
produksi.
- Menilai proyek dan sumber daya persyaratan.
- Memperkirakan negosiasi dan menyetuji anggaran dan rentang
waktu dengan klien dan manajer.
- Menentukan standar control kualitas.
- Menegosiasi ulang rentang waktu atau jadwal yang
diperlukan.
- Melakukan pemilihan, pemesanan dan bahan pembelian.
- Mengorganisir perbaikan dan pemeliharaan rutin peralatan
produksi.
- Menjadi penghubung dengan pembeli, pemasaran dan staff
penjualan.
- Mengawasi pekerjaan staff junior.
Tanggung Jawab :
- Mengawasi proses produksi dan menyusun jadwal produksi.
- Memastikan anggaran biaya produksi efektif.
- Memutuskan sumber apa yang diperlukan.
- Menyusun skala waktu untuk pekerjaan.
- Memperkirakan biaya dan menetapkan standar kualitas.
- Memantau proses produksi dan menyesuaikan jadwal yang
diperlukan.
- Bertanggung jawab untuk pemilihan dan pemeliharaan
peralatan.
- Memantau standar produk dan melaksanakan program control
kualitas.
- Bertanggung jawab sebagai penghubung antar departemen yang
berbeda, misalnya pemasok dan manajer.
- Bekerja dengan manajer untuk melaksanakan kebijakan dan
tujuan perusahaan.
- Memastikan bahwa pedoman kesehatan dan keselamatan
diikuti.
- Mengawasi dan memotivasi tim pekerja.
- Meninjau kinerja pekerja.
- Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan.
Zainuddin Bakari menjabat sebagai Staff Manajemen Produksi
tetapi keahlian Zainuddin kurang dalam menentukan standar kontrol produksi maka
perusahaan melakukan pelatihan pada Zainuddin.
3. MANAJEMEN
MARKETING DAN FINANSIAL
A. Manajemen
Marketing/Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis,
perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu
memperoleh laba.
Nama : Kaito
Kid
Posisi :
Manajer Marketing
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Komunikasi
Tugas :
- Mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target
pasar.
- Mengantisipasi agar tidak terjadi penurunan order.
- Menetapkan rencana pemasaran.
- Menganalisis kebutuhan pemasaran.
Tanggung Jawab :
- Bertanggung jawab
tentang perencanaan pemasaran.
- Menjalin hubungan
yang baik dengan para konsumen.
- Mengefisienkan dan
mengefektifkan kerja di manajemen marketing.
B. Manajemen
Finansial
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan,
penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan
dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
Nama :
Shinichi Kudo
Posisi :
Manajer Finansial
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Akuntansi
Tugas :
- Melakukan pengawasan atas biaya.
- Menetapkan kebijaksanaan harga.
- Meramalkan laba yang akan dating.
- Mengukur atau menjejaki biaya modal kerja.
Tanggung Jawab :
- Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan,
serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu,
dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
- Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran
perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan
penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional
perusahaan.
- Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan
informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan
perusahaan secara akurat.
Monkey D. Luffy adalah seorang staff khusus manajer
marketing, tetapi Luffy memiliki kekurangan pengalaman untuk menjadi staff
khusus di Departemen nya tersebut, maka perusahaan melakukan jam terbang
tambahan pada Luffy.
Vinsmoke Sanji adalah seorang staff khusus manajer
financial, tetapi Sanji memiliki kekurangan kemampuan dalam rekap data keuangan
perusahaan, maka dari itu perusahaan memberikan pelatihan khusus diluar waktu
kerja untuk membantu Sanji agar dapat menambah kemampuannya dalam rekap data
keuangan.
4. MANAJEMEN
DEVELOPMENT DAN IMPORT – EXPORT
A. Manajemen
Development
Management development merupakan suatu program dalam sebuah
organisasi untuk mendorong manajer dan calon manajer agar mengembangkan
keterampilannya, pengetahuan, sehingga akan meningkatkan tanggung jawab mereka
dalam sebuah organisasi. Manajer Development membantu bisnis untuk tetap
terdepan datam lingkungan bisnis yang seta] berubah dalam hal tren dan praktik.
Manajer Pelatihan dan Pengembangan bertanggung jawab atas pengiriman inisiatif
pelatihan di seturuh bisnis yang menggerakkan strategi
Nama : Davian
Purwanto
Posisi :
Manajer Development
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Manajemen Bisnis SDM
Tugas :
- Menciptakan model kompetensi dalam organisasi yang
ditugaskan yang berfokus pada peran pentinguntuk keberhasilan bisnis.
- Merancang, mengelola dan mengawasi program pengembangan
yang menghasilkan efektivitas karyawan dan peningkatan kinerja.
- Berinteraksi dengan dan memberikan nasihat ahli dan
pembinaan kepada manajemen senior mengenai pelatihan dan strategi pengembangan.
Tanggung Jawab :
- Mengelola pengembangan karyawan berpotensi tinggi dengan
membuat rencana pengembangan yang mencakup fokus pada pengembangan kemampuan
yang difokuskan pada peran target.
- Melakukan berbagai intervensi pembelajaran termasuk
petatihan eksekutif dan merekomendasikan dampak pada strategi pembelajaran di
tempat kerja.
- Bertanggung jawab pada proses peninjauan bakat dalam
perusahaan yang ditugaskan untuk menilai dan mengkalibrasi talenta dengan
tepat.
Ernando Gholiz menjabat sebagai Staff Manajemen Pengembangan
tetapi keahlian Ernando kurang dalam koordinasi antara manajemen dan kayawannya
maka perusahaan melakukan pelatihan pada Ernando.
B. Manajemen
Import-Export (Internasional)
Manajemen Ekspor Impor itu adalah bagaimana sang manajer
dalam mengatur atau mempersiapkan barang yang akan dijual keluar negeri,
contohnya mulai dari Harga, Kualitas Barang, dan dalam Persiapan Pengiriman
Barang adalah 3 faktor yang menentukan lancer tidaknya suatu
bisnis.(Kualita,Harga,Pengirim Barang).
Nama : Vania
Jawanto
Posisi : Manajer
Import-Export
Latar Bidang Pendidikan
: S1 Manajemen Bisnis Internasional
Tugas :
- Mengatur perpajakan dan bea cukai. monitoring yang baik
serta sensitivitas masalah untuk memastikan kegiatan ekspor-impor berjalan
sesuai rencana.
- Mengawasi proses distribusi barang.
- Mengelola personil dan sumber daya yang dimiliki.
Tanggung Jawab :
- Wajib memahami aturan hukum dari tiap negara yang
bersangkutan
- Seorang export-import manager juga harus berani mengambil
keputusan apabila terjadi masalah pada pen distribusian barang
- Melakukan koordinasi yang sangat baik antara kedua pihak
yang melalukan ekspor-impor.
Yandi Surahman menjabat sebagai Staff Manajemen Impor-Expor
tetapi keahlian Yandi kurangnya komunikasi antara karyawan dan manajemen dalam
proses distribusi maka perusahaan melakukan pelatihan pada Yandi.
5. MANAJEMEN ACC
DAN HRD
A. Manajemen
Accounting
Nama :
Ravelivando Sucipto
Posisi :
Manajemen Accounting
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Ekonomi
Tugas :
- Mencatat transaksi keuangan perusahaan dan menyusun
laporan keuangan secara berkala dari pencatatan yang sudah di arsipkan
sebelumnya.
- Pemeriksaan secara bebas atas data akuntansi yang
dilakukan.
- Mencatat data akuntansi dan diolah sedemikian rupa sehingga
dapat berfungsi sebagai alat bantu manajemen untuk pengambilan keputusan.
Tanggung Jawab :
- Bertanggung jawab menyusun dan berpartisipasi dalam
mengembangkan sistem perencanaan.
- Bertanggung jawab dalam mempertimbangkan
implikasi-implikasi historical dan kejadian-kejadian yang diharapkan.
- Bertanggung jawab dalam menjamin integritas informasi
finansial.
Louis adalah seorang staff accounting officer, namun ia
kurang dalam memahami pekerjaannya sebagain accounting officer. Maka Perusahaan
memberikan pelatihan khusus dalam accounting untuk louis.
B. Manajemen HRD
Nama :
Adipati Talaga Gago
Posisi : Manajemen HRD
Latar Belakang Pendidikan
: S2 Psikologi
Tugas :
- Melakukan persiapan dan penyeleksian tenaga kerja yang
diawali dari persiapan internal maupun eksternal dan seleksi penerimaan
karyawan disuatu perusahaan.
- Melakukan pekerjaan administratif, menanggapi permasalahan
yang bersifat reaktif dan minim perencanaan.
- Memberikan sebuah perlindungan dan keringanan kepada para
karyawan.
Tanggung Jawab :
- Bertanggung jawab melakukan sosialisasi dan koodinasi.
- Bertanggung jawab menyusun absensi dan daftar hadir
karyawan.
- Bertanggung jawab menyiapkan perjanjian kerja dengan
karyawan baru.
Mikail adalah seorang IT Support. Namun ia masih belum
menguasai teknik input pegawai perusahaan, maka pihak perusahaan memberikan
pelatihan khusus dalam masalah input data pegawai khusus untuk mikail.
Komentar
Posting Komentar